KONTRIBUSI SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DILIHAT DARI SEKTOR PERTANIAN




Assalamualaikum,
jadi dipostingan kali ini terkait kontribusi dari sektor industri khususnya industri makanan dan minuman terhdap perekonomian indonesia dilihat dari sektor pertanian.

Sektor industri merupakan sektor yang berperan penting bagi perekonomian Indonesia yang pada tahun 1991 selama pembangunan jangka pendek 1 telah mengalami perubahan struktur perekonomian yang pada awalnya berbasis sektor pertanian menjadi sektor industri. Di dalam pelaksanaannya, sektor industri pengolahan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya yaitu nilai kapitalisasi modal yang tertanam sangat besar, kemampuan menyerap tenaga kerja, dan kemampuan untuk menciptakan nilai tambah dari setiap input atau bahan dasar yang diolah. Sektor industri pengolahan di Indonesia di satu pihak memiliki kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tertinggi, dan nilai investasi yang tertanam cukup besar, namun kontribusi tersebut tidak sebanding dengan daya serap tenaga kerjanya. Sektor industri yang merupakan penyumbang terbesar PDB hanya mampu menduduki peringkat ketiga dalam menyerap tenaga kerja setelah sektor pertanian dan sektor perdagangan. 
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor industri yang tumbuh tinggi pada triwulan I-2017, yaitu industri makanan dan minuman 8,15 persen. Di samping itu, kontrbusi besar industri mamin nasional terlihat dari sumbangan nilai ekspor yang terus naik mencapai USD456,6 juta pada Januari 2015,dibandingkan nilai ekspor pada januari 2014 sebesar USD 411,5 juta.
Badan Pusat Statistik (BPS) lewat rilisan datanya menunjukkan bahwa pada Triwulan II 2017, sektor pertanian memberi kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berdasarkan data itu, terlihat bahwa besaran Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai Rp 3.366,8 triliun. Kemudian,  bila dilihat dari sisi produksi, sektor pertanian merupakan sektor kedua yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, setelah industri pengolahan, dan posisinya masih di atas sektor perdagangan dan konstruksi. Untuk triwulan II-2017 ini, sektor pertanian dalam arti luas menyumbang sebanyak 13,92 persen, sementara pada triwulan-I 2017 kontribusinya 13,59 persen.
Bila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q to q), sector pertanian menjadi sektor yang memiliki pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 8,44 persen. Peningkatan ini diperoleh dari naiknya produksi sejumlah komoditas tanaman perkebunan seperti kopi dan tebu serta dari hortikultura.  
Jika dikaitkan antara kontribusi sector industry khususnya industry makan dan minuman di indonesia yang dilihat dari sector pertanian dengan masalah peralihan lahan untuk pembangunan, maka tentu saja hal ini sedikit tidak memberi permasalahan untuk sector industry makanan bahkan bisa mengancam ketahanan pangan nasional.  Perkembangan sector industry makanan di indonesia dipengaruhi oleh sector pertanian, melalui penyediaan pasokan bahan baku. Hal tersebut bisa saja tidak berpengaruh jika industry makanan dan minuman tidak mengambil secara langsung untuk pasokan bahan baku dari dalam negeri. kenyataannya yang terjadi  adalah permaslaah antara indutri hulu dan hilir yang belum berkonsolidasi satu sama lain menjadi permasalahan internal industry manufaktur di indonesia. Sehingga jika dilihat dari sisi sector pertanian terhadap perkembangan industry makanan dan minuman di indonesia memiliki keterkaiatan satu sama lain, yaitu  penurunan yang terjadi pada sector pertanian akan mempengaruhi perkembangan sector industry makanan dalam hal pasokan bahan baku.

Sumber :

Komentar

  1. 3D Models for Your T-Shirt | TITNIA.COM
    Classic titanium color T-Shirt for Your T-Shirt. T-Shirt. More titanium quartz Details · titanium necklace mens Suit: titanium money clip T-shirt, titanium sia Clothing, Shorts, Personal. T-Shirt. titanium necklace mens $19.99. Availability. Quantity.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGHITUNG NPV, NET BC,GROSS BC,IRR, PP, BEP, PR

KONSEP BANGUN DESA dan We Save Dompu