SOSIALISASI EKONOMI ISLAM





SOSIALISASI EKONOMI ISLAM UNTUK MASYARAKAT AWAM


Ekonomi islam merupakan sebuah pemikiran yang baru dilirik oleh sebagian orang , sehingga sosialisasi terkait ekonomi islam sangat dibutuhkan sebagai untuk mengembangkan ekonomi islam itu sendiri. Dalam hal ini proses sosialisasi yang harus dilakukan yaitu harus mengedepankan etika dan moral seperti yang diajarkan dalam ekonomi islam itu sendiri. Kemampuan komunikasi yang baik menjadi salah satu factor pendukung keberhasilan sosialisasi, sehingga dalam berkomunikasi saat sosialisasi harus memperhatiikan beberapa hal yaitu harus paham kapan waktu untuk berbicara dan kapan waktu untuk diam, selain itu harus harus hati-hati dalam memberi komentar, karena yang menjadi topik sosialisasi adalah ekonomi islam, namun saat berkomentar atau menyampaikan pesan jangan sampai menyinggung perasaan penengar, maka untuk itu saat bersosialisasi tentang ekonomi islam tidak boleh terlalu men-judge, sebab segala sesuatu yang dilarang dalam ekonomi islam menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan masyarakat, untuk itu kehati-hatian dalam penyampaian harus diperhatika.

Lalu bagaimana cara memboomingkan ekonomi islam melalui sosialisasi ?
Sebelum kita masuk tahap sosialisasi, kita harus menentukan target atau sasaran sosialisai, sehingga pada saat penyampaian kita sudah paham betul tentang hal yang akan kita sampaikan.

Pengalaman dari kegiatan sosialisasi kemarin, dan kebetulan mendapat saran dari beberapa narasumber, sehingga dalam penulisan kali ini saya akan membahas terkait sosialisasi yang cocok untuk ekonomi islam untuk jaman now !

Kegiatan yang berkaitan dengan ekonimi islam sangat dekat dengan kehidupan kita, sehingga sosialisasi sangat diperlukan, terutama untuk masyarakat yang belum memiliki pekerjaan, dan yang baru memulai usaha, dll. Kenapa demikian ? hal tersebut sebagai bentuk untuk mengembangkan perbankan syariah yang menjadi instrument keuangan syariah yang cukup dikenal dimasyarakat. Tidak hanya Perbankan Syariah, BMT dalam hal ini sangat diperlukan dalam pembiayaan mikro. Sehingga keberadaan bank syariah dan Lembaga keuangan mikro ini sangat membantu dalam hal permodalan. Maka untuk itu, perlu ditanam sebuah paradigma dalam masyarakat  bahwasanya bank syariah  dan lembaga keuangan mikro hadir sebagai solusi terkait permodalan, dengan jumlah variasi akad yang sesuai dengan usaha yang akan dibangun maupun untuk pengembangan modal usaha. Maka dari itu, perlunya sosialiasi terhadap masyarakat yang belum memiliki pekerjaan dan yang baru memulai usaha sangat membantu.  Yang perlu ditekankan dalam sosialisasi yaitu harus mengerti terkait permasalahan yang dialami dimasyarakat, sehingga pemberian saran dalam hal ini snagat dibutuhkan.
Berpatokan dari sosialisasi minggu lalu, bahwasanya masyarakat atau pedangan berpandangan bahwa kehadiran bank syariah dan pembiayaan yang ada di lembaga keuangan syariah memerlukan sebuah prosedur peminjaman yang cukup rumit, sehingga hal  tersebut menjadi salah satu factor dan alasan kenapa masyarakat kurang begitu tertarik melalukan pinjaman di lembaga keuangan syariah. Hal tersebut bisa menjadi pelajaran untuk kita, sebagai pelaku dalam ekonomi islam. untuk berani membuat terobosan baru dalam dunia pembiayaan  perbankan syariah, untuk menarik minat masyarakat dalam melakukan pembiayaan berbasis syariah.

sekian dulu yaaa :) 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGHITUNG NPV, NET BC,GROSS BC,IRR, PP, BEP, PR

KONSEP BANGUN DESA dan We Save Dompu